Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMAN 5 Bukittinggi

Latihan dasar kepemimpinan atau yang biasa disebut dengan LDK adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan anggota baru dari suatu organisasi maupun kelompok. Kegiatan ini melatih fisik dan juga mental seseorang. Namun dari kedua hal tersebut, mental yang lebih menantang. Terdapat 3 hal yang dapat mempengaruhi mental peserta untuk menjadi lebih baik lagi selama melaksanakan LDK, diantaranya adalah : Kedisiplinan, Rasa solidaritas dan Bertanggung jawab.

Apa beda kepemimpinan dengan bos? Kepemimpinan mampu membuat orang lain dengan sadar ingin mencapai tujuan yang tinggi, sementara bos hanya mampu memerintah orang di sekitarnya. Dengan demikian memang ada orang yang mendapat kekuasaan untuk memimpin karena tugas semata, namun kepemimpinan yang sesungguhnya mampu menampilkan kepemimpinan yang mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal besar.
Bagaimana agar dapat menjadi pemimpin yang efektif, pemimpin dalam arti sebenarnya?
Penting bagi kita mengembangkan kepemimpinan secara transformasional, atau kepemimpinan dalam proses. Artinya, kita dengan sadar memilih jalan menjadi pemimpin melalui belajar dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

SMAN 5 Bukittinggi mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDK) tahun 2019/ 2020. Latihan ini dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 12-13 Februari 2020 di SMAN 5 Bukittinggi. Peserta kegiatan berjumlah 36 anggota MPK OSIS SMAN 5 Bukittinggi. Pelatihan ini dilakukan rutin setiap tahun ketika pergantian pengurus OSIS. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan, meningkatkan solidaritas, melatih tanggung jawab, dan menumbuhkan kedisiplinan.
Kegiatan ini langsung mendapatkan latihan pengembangan dari FL (Future Leader) Padang; yakni lembaga yang bergerak dalam bidang pelatihan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lembaga yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia melalui program pelatihan kepemimpinan.

Kegiatan yang diberikan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan mencakup kegiatan indoor dan outdoor. Materi indoor yaitu kepemimpinan, pembentukan pengurus OSIS, penyusunan anggaran, pembuatan proposal, dan penyusunan program kerja. Kegiatan yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan outdoor yaitu olah raga, kerja bakti, outbound dan berbagai game yang melibatkan intelegensi, fisik maupun mental sehingga dapat melatih jiwa kepemimpinan. Bahkan dalam kegiatan outdoor peserta LDK menunjukkan jiwa peduli lingkungan dengan melaksanakan tindakan patroli sampah dilingkungan sekolah.

Bapak Ahda S.Pd selaku kepala sekolah SMAN 5 Bukittinggi menyampaikan visi misi SMAN 5 Bukittinggi yaitu “Terwujudnya insan yang bertakwa, berprestasi, menguasai iptek, sehat dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kearifan lokal.” Hal ini bertujuan supaya program kerja yang dicanangkan OSIS senada dengan visi misi SMAN 5 Bukittinggi. Beliau juga berharap supaya OSIS memiliki gaya kepemimpinan demokratis yang ideal.
Sementara itu Ibu Maswira Restuti S.Pd, selaku Pembina OSIS SMAN 5 Bukittinggi menambahkan dan berpesan kepada peserta LDK untuk selalu membawa nama baik almamater dan berusaha semaksimal untuk bekerja dengan ikhlas demi kemajuan SMA tercinta.

Sedang Ibu Mellavoma, S.PD selaku wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan menyatakan bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan ini sangat bermanfaat dalam melatih kepemimpinan. Ia juga menambahkan bahwa peserta LDK sangat antusias sampai kegiatan akhir, semua peserta diajarkan menjalin komunikasi yang baik, kerja sama, merajut kekompakan dan kedisiplinan.

Dengan dilaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan, semoga dapat menjadi bekal dalam berorganisasi melaksanakan program kerja OSIS dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Selain itu, anggota OSIS SMAN 5 Bukittinggi diharapkan dapat menjadi penggerak yang kreatif, inovatif dan berakhlak mulia menjadi teladan yang baik bagi peserta didik SMAN 5 Bukittinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar